It’s jerbee

HARDWARE PERSONAL COMPUTER BASIC

1. Cara kerja sebuah komputer
Data dimasukkan oleh pengguna komputer melalui keyboard (huruf dan angka) atau mouse dan scanner (data grafis/gambar) ke dalam CPU. Data tersebut disampaikan kepada software aplikasi untuk diolah di dalam processor dan ditampilkan di layar monitor. Apabila dinilai apa yang tampil di layar monitor sudah sesuai dengan keinginan pengguna komputer tadi, maka si pengguna akan memerintahkan komputer untuk menyimpan hasil kerjanya dalam media penyimpan (disket atau printer
2. Gambar dan jelaskan arsitektur komputer von neumann

( Gambar: Arsitektur komputer von neumann)
Arsitektur Von Neumann menjelaskan bahwa komputer memiliko 4 bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”
modul memori RAM

Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti “sel” atau “lubang burung dara”), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.

Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
3 Jelaskan istilah dibawah ini ?
 Server

Server adalah Komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam jaringan komputer. Server didukung processor scalable dan RAM yang besar, dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sistem operasi jaringan (network operating system).
 Mainframe

Mainframe adalah Komputer yang memiliki kecepatan atau kemampuan processornya sangat besar, sistem operasi dari komputer ini mampu menangani ratusan program aplikasi secara bersamaan komputer dengan sistem operasinya mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan kapasitas besar, kemudian mendukung puluhan bahasa pemerograman yang berbeda dan bertindak mengawasi lalulintas ketika beberapa perogram mencoba mengakses basis data secara bersamaan.

 Notebook

Notebook adalah Komputer yang bisa dibawa kemana-mana yang ukurannya sama dengan pc namun dengan ukuran yang lebih tipis, dilengkapi dengan DVD, port USB dan batrai yang bisa di isi ulang.
 Netbook

Netbook adalah Sama halnya dengan notebook cuman netbook tidak dilengkapi dengan DVD dan bentuknya lebih kecil dari notebook dan PC, selain itu daya simpan batrainya lebih lama/tidak cepat habis dibanding notebook dan lebih compatible.
 Tablet

Tablet adalah Istilah tablet atau mini pc lebih compatible dibanding notebook dan netbook karena bentuknya relatip lebih kecil dan tidak di dilengkapi denga keyboard, mengoprasikannya sangat mudah dengan menyentuh/touch screen
 Smart phone

Smartphone adalah phonecell yang pintar dengan kelengkapan aplikasi yang dapat mengelola semua kegiatan kita seperti organizer, office, aplikasi keagamaan, membaca ebook, internetan, chatting, dll.
 PDA

PDA berasal dari singkatan Personal Digital Assist, yaitu phonecell yang juga mengelola keperluan bisnis, office, janji, dan organizer lain nya. Dahulu belum begitu banyak menggunakan internet sehingga PDA dibuat untuk bisnis. Jadi istilah smartphone sekarang ini adalah sama dengan PDA masa lalu
3. Jelaskan Pengertian istilah dibawah ini berikut pungsinya
 VGA
VGA Adalah pheriperal yang berfungsi Untuk menyempurnakan output display/tampilan dari sebuah komputer
 AGP
AGP Adalah pheriperal yang digunakan sebagai pendukung kartu grafis berkinerja tinggi
 PCI ( peripheral component interconect )
PCI Adalah pheriperal yang menghubungkan subsistem memori proses perangkat berkecepatan tinggi dan ke expension yang berhubungan dengan perangkat yang lebih lambat
 PCI-E ( peripheral component interconect_ express )
PCI-E Adlah pheriperal yang kinerjanya sama dengan PCI , namun kelebihannya memiliki transfer data yang lebih cepat terutama keperluan grafis 3D

 RAM
RAM (Random Access Memory )Adalah pheriperal yang digunakan untuk menyimpan data yang bersifat sementara
 ROM
Perangkat keras yang berupa chip memori semi konduktor yang isinya hanya dapat dibaca.
 BIOS
Perangkat lunak yang berfungsi melakukan perintah kerja secara manual pada saat masuk sistem operasi
 CMOS (Compelementary Metal Oxide Semi Conductor)
Bisa disebut ram kecil berukuran 64 byte yang menyimpan seting bios saat komputer sedang dimatikan.
 IDE (Integrated Devide Elektronik)
Suatu jenis interface disk yang menempatkan elektronik pengendaliannya di dalam drive itu sendiri
 SCSI ( small computer system interface )
Adalah Bus yang menghubungkan beberapa disk ke SCSI controller
 IRQ
Yaitu sinyal khusus atau nomor identifikasi yang diberikan kepada masing-masing peripheral agar dikenali oleh processor
 DMA
Merupakan salah satu fitur pada komputer modern yang mengizinkan subsistem hardware tertentu di dalam komputer untuk bisa mengakses secara langsung pada system memory tanpa harus melalui CPU
 VPN
Merupakan Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi.
 ATM (Asynchronous Transfer Mode)
Merupakan protokol jaringan yang berbasis sel, yaitu paket-paket kecil yang berukuran tetap (48 byte data + 5 byte header). Secara teknis, ATM dapat dianggap suatu evolusi dari packet switching. Seperti transfer data pada packet switching ATM mengintegrasikan fungsi multiplexing dan switching. ATM memungkinkan komunikasi antara perangkat yang beroperasi pada kecepatan yang berbeda. Tidak seperti packet switching, ATM dirancang untuk kinerja tinggi pada jaringan multimedia.
 BLU RAY
Merupakan sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital, termasuk video definisi tinggi.
 PPM (Print per minute)
Merupakan-kecepatancetak Meskipun tak harus menjadi pertimbangan utama, namun kecepatan cetak terkadang perlu untuk diperhatikan. Semakin tinggi kecepatan cetaknya, maka Anda bisa menghemat banyak waktu. Kecepatan ini juga berbeda antara mencetak dalam hitam-putih atau berwarna, dan dinyatakan dalam satuan ppm (page per minute). Pada printer multifungsi, tak ada perbedaan yang signifikan antara kecepatan mencetak dan mengkopi.
 CRT (Chathode ray tube)
Merupakan asas atau nama teknik dari layar telivisian atau layar tampilan sebuah mikrokomputer.
 LAN ( local area network )
Adalah Jaringan komputer yang jaringnnya hanya mencakup wilayah kecil seperti kampus, gedung, kator, dan dalam sekolah atau lebih kecil.
 MAN ( metropolitan area network )
Adalah Suatu jaringan dalam suatu kota dengan teranfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dll.Jaringan man adalah gabungan beberapa lan.
 WAN ( wide area network )
Adalah Jaringan yang memiliki jangkauan geografis yang lebih luasbahkan mencakup sebuah negara atau benua.
 PIXEL
Adalah singkatan dari picture element, Elemen terkecil dari gambar digital, gambar yang terlihat di monitor komputer terdiri atas susunan titik-titik yang berwarna atau disebut dot, dot-dot tersebut sangat kecil dan saling berdekatan sehingga terlihat seperti menyatu.
 ATA (Advanced Technology Attachment) standar
Adalah interface standar yang memungkinkan anda untuk menghubungkan perangkat penyimpanan kekomputer PC. Standar ATA dikembangkan pada tanggal 12 Mei 1994 oleh ANSI (dokumen X3.221-1994).Meskipunnamaresmi “ATA”, standar ini lebih dikenal dengan istilah komersial IDE (Integrated Drive Electronics) atau Enhanced IDE (EIDE atau E-IDE).
 DPI
DPI (Dots Per Inch), yaitu banyaknya langkah yang “dilaporkan” oleh mouse jika bergerak sejauh satu in. Selain CPI dan DPI, saat ini spesifikasi mouse juga disebut dengan PPI (Pulses Per Inch).
Jika pergerakan mouse per langkahnya membuat pergerakan cursor (pointer) sejauh satu pixel di monitor, maka CPI sama dengan DPI (sebagai contoh mouse 800 dpi jika digerakkan satu in / 2.54 cm akan membuat cursor bergerak dari ujung kiri ke ujung kanan layar dengan resolusi 800 x 600). Besarnya nilai CPI atau DPI ini ditentukan saat pembuatannya (di pabrik mouse tentu saja :p), semakin tinggi nilai CPI semakin cepat cursor bergerak di layar terhadap pergerakan mouse. Walaupun demikian, kecepatan mouse ini juga bisa di-customize dengan setting pada Operating System (Windows)
maupun pada beberapa aplikasi seperti game.
 PCMCIA
PCMCIA adalah singkatan dari Personal Computer Memory Card International Association yang pada awalnya dirancang dan dikembangkan untuk memberikan penyimpan (memory) tambahan bagi komputer Poquet (yang sekarang merupakan bagian dari Fujitsu), yang merangkum berbagai minat industri untuk menyusun suatu spesifikasi yang memberikan akses tancap (plug-in access) ke sumber daya penyimpan yang terletak di luar landasan tertentu. Sekarang PCMCIA berkembang lebih dari sekedar memberikan akses bagi kartu penyimpan, dan disitulah letak persoalannya. Karena PCMCIA digunakan untuk mengakses berbagai jenis peralatan yang masing-masing mempunyai pertimbangan listrik, antarmuka logika dan perwaktuannya, sering terjadi benturan di antara kartu-kartu yang dipasang, landasan, system operasi, aplikasi dan sebagainya. Meskipun tidak memperoleh persetujuan resmi dari badan bakuan resmi seperti IEEE atau ANSI, spesifikasi PCMCIA memberikan panduan bagi spesifikasi fisik kartu; spesifikasi listrik dan fisik untuk soket; interaksi antara landasan, perangkat lunak sistem, dan kartu itu sendiri
 CU (Control Unit)
Adalah Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.Bila ada instrikasi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika,maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU.Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan dan pada saatnya disajikan kea lat output.
Tugas dari unit kontrol adalah :
Mengatur dan mengendalikan alat – alat input dan output.
Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
Mengambil data dari memori utama ( jika diperlukan ) untuk diproses,mengorim instruktur ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perdandingan logika serta mengawasi kerja ALU .
Menyimpan hasil proses ke memori utama
 LPT (Line Print Terminal)
adalah istilah untuk port yang biasanya dihubungkan ke printer. Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut LPT Port adalah Parallel Port. Komunikasi yang digunakan oleh LPT adalah komunikasi paralel yang berjalan lebih cepat dari komunikasi serial karena jumlah bit yang dikirimkan bersamaan dalam suatu waktu oleh komunikasi paralel lebih banyak daripada komunikasi serial.
 ALU (Aritcmatics Logical Unit)
Merupakan Unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasarkan instruksi yang ditentukan .ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian yaitu unit aritmatika dan unit logika Boolean yang masing-masimg memiliki spesifikasi tugas sendiri.Tugas utama ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika)yang terjadi sesai dengan instruksi program.ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu yaitu sama dengan (=),tidak sama dengan (‘),kurang dari().
 PROCESSOR
Prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukan (input) yang seterusnya akan menghasilkan keluaran (output).Pada waktu prosesor memperoses data ,prosesor juga akan terhubung dengan komponen computer yang lain , terutama Hardisk dan RAM.
 MOTHERBOARD
Motherboard(Mobo)atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.
Motherboardsebagai Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang pada mother board. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PERSONAL COMPUTER. Lalu lintas data semuanya diatur oleh
motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard,mouse, scanner), atau printer untuk mencetak. Motherboard dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : Value (terjangkau) Mainstream (menengah) High End (kelas atas) Motherboard memiliki dua ukuran, yang disebut ATX dan Micro-ATX. Chipset

 SOUND CARD
Sound Card Atau yang lebih kita kenal dengan Kartu suara adalah Suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis.
FUNGSI SOUND CARD
Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia.
 NETWORK CARD
Kartu jaringan (Inggris : Network Interface Card disingkat NIC atau juga network Card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yaitu : NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya. Sementara NIC yang bersifat logis adalah Loopback Adapter dan Dial-Up Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang sesuai sebagai MAC Address yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
 Power Supply
adalah perangkat keras yang berfungsi menyuplai tegangan langsung ke dalam komponen komputer, seperti hardisk, motherboard, DVD Drive, kipas dan komponen komputer lainnya. Power supply merupakan jantung dari sebuah komputer, karena semua sumber daya listrik dari komponen komputer disupply dari power supply.
Fungsi
pengubah dari tegangan listrik AC (Alternating Current) menjadi tegangan (Direct Current), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply pada umumnya berupa kotak yang diletakan dibagian belakang atas casing. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.
Daya power supply berkisar 150 watt sampai 350 watt. Untuk daya 150 watt sudah jarang dijumpai karena hanya digunakan untuk komputer yang sederhana tanpa banyak komponen tambahan. Sedangkan jika dalam sebuah komputer yang memiliki beberapa banyak komponen misal: CD-ROM, CD-RW, dan menggunakan banyak hard disk direkomendasikan menggunakan power supply 300 watt atau lebih besar
Power Supply Komputer mempunyai banyak konektor yang terdiri dari konektor 20 pin ATX , konektor 24 pin ATX, konektor floppy, konektor Aux dan konektor SATA.
 STP
Shielded twisted pair adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel,Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferens
Kurangan dan Kelebihan STP

Kekurangan
Kelemahan kabel STP
-Kabel STP mempunyai beberapa kelemahan :
-Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi.
-Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulny,Harganya cukup mahal.

Kelebihan
Pada kabel STP, didalamnya terdapat satu lapisan pelindung kabel internalsehingga melindungi data yang ditransmisikan dari interferensi/gangguan STP (Shielded Twisted Pair), selain dililitkan, juga punya proteksi terhadap induksi atau interferensi sinyal dari luar kabel berupa lapisan kertas alumunium foil, sebelum jaketpembungkus luar.

fungsinya
Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon,komputer televisi dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya

 UTP
Unshielded twisted-pair. Kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.

Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.

Fungsi kabel UTP yaitu digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

 MODEM (MOdulator DEModulator)
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu
modem eksternal dan modem internal.

Modem terbagi atas:

1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
2. Modem ADSL
3. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
4. Modem CDMA
5. Modem 3GP
6. Modem GSM
Fungsi Modem
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video.
 CD ( compact disc )
Adalah sebuah piringan dari jenis piringan optik ( oficial disc ) yang dapat menyimpan data, ukuran data yang dapat disimpan saat in bisa mencapai 700 MB atau 700.000.000 Byte, CD hanya bersifat read only ( hanya dapat baca, dan tidak dapat ditulis )
 DVD
Sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif, bentuknya mirip dengan CD. Bedanya, DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses lebih cepat dibandingkan CD.
 RGB
Adalah Model pewarnaan yang terdiri atas warna dasar, red ( merah ), green ( hijau ), Blue ( Biru . Untuk mendapatkan warna lain, dilakukan berbagai teknik penambahan sehingga mendapatkan warna yang diinginkan. Pada perangkat digital, pengaturan warna dilakukan oleh chip tertentu. model pewarnaan ini lazim digunakan pada perangkat Televisi, Kamera video, scanner, kamera digital, maupun perangkat komputer.
 Monitor LCD
Monitor LCD (Liquid Crystal Display) menggunakan teknologi yang disebut dengan ‘kristal cair’ sebagai penghasil gambar monitor. Kelebihan monitor LCD adalah minimnya konsumsi energi yang digunakan juga memiliki kontras gambar yang lebih tajam dibandingkan dengan CRT. Pengertian monitor LCD merujuk kepada penggunaan varian pixels (titik warna cahaya) yang tidak memancarkan cahayanya sendiri seperti halnya monitor CRT. Pada teknologi LCD sumber cahaya berasal dari lampu neon berwarna putih yang tersusun secara merata pada bagian belakang susunan pixel (kristal cair) tadi yang jumlahnya mencapai jutaan piksel hingga membentu sebuah gambar.Kutub kristal cair yang dilewati oleh arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.
 Monitor LED
Monitor LED (Light Emitting Diode) memiliki teknologi yang sama dengan LCD. Perbedaan secara fisik pada LED komputer umumnya terletak pada bentuknya yang lebih ramping / tipis. Pada beberapa tipe LED memiliki fungsi dan fitur yang lebih lengkap dibandingkan LCD, seperti kemampuan digital touch screen, Digital TV internet, Digital TV tuner. Sedangkan perbedaan secara umum antara LED dan LCD hanya terletak pada sistem pencahayaannya yang menggunakan teknologi LED backlight. Berbeda dengan LCD yang menggunakan CCFL Backlight (lampu neon berjenis fluorescent), monitor LED mampu menghemat konsumsi listrik hingga 50 – 70% dibandingkan dengan LCD dengan kemampuan menghasilkan gambar yang sangat tajam.
 USB
Adalah teknologi yang memungkinkan pemasanga peripheral secara mudah dengan band with yang lebih besar daripada port serial dan paralel.

4. Jelaskan cara kerja perangkat berikut dengan fungsinya
a. Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

( Gambar : Monitor CRT )
Monitor CRT sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memencarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.
b. PRINTER INK JET

((

(
Printer Inkjet mencetak, seperti pencetakan laser, adalah proses tinta dipancarkan dari nozel sementara mereka melewati media. Operasi dari sebuah printer inkjet mudah untuk memvisualisasikan: tinta cair dalam berbagai warna yang disemprotkan ke atas kertas dan media lainnya, seperti film plastik dan kanvas, untuk membangun citra.
c. PRINTER DOT MATRIX

Sebuah cetakan yang memakai tinta sebagai media cetaknya dan material cetakannya berbentuk titik-titik biasa digunakan untuk mencetak struk belanja di pasar swalayan.
d. PRINTER LASER JET

Sebuah cetakan yang digunakan untuk mencetak yang memakai media laser dan cara kerjanya hampir sama dengan scanner
e. KEYBOARD

Tombol key yang berupa abjad,number, dan simbol dengan cara diketik
f. MODEM

Alat yang kerjanya merubah sinyal analog menjadi sinyal digital begitupun sebaliknya

g. SPEAKER

Alat yang kerjanya merubah sinyal elektrik menjadi suara/getaran

h. SCANNER

Cetakan yang kerjanya sama dengan mesin foto copy tapi ini sama dengan aslinya dan dalam bentuk soft copy.
i. MOUSE LASER

(Gambar : Mouse laser )
Sinar laser yang dipancarkan bergerak mengikuti tangan pengguna, Sinar laser itu menghidupkan sistem sensor optik seperti pada mouse optik biasa. Ribuan gambar diambil dalam waktu satu detik untuk mengetahui pergerakan mouse. Koordinat yang dikirim mouse kemudian digunakan komputer untuk memosisikan pointer.
5. Jelaskan apa yang dimaksud “Sistem Operasi” berikan 10 contoh dengan penjelasan singkatnya
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang bertugas melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras juga operasi dasar termasuk menjalankan software aplikasi .
Contoh :
1. MAC OS adalah sistem operasi yang dikembangkan dan dibuat khusus oleh apple yang di khususkan untuk macintosh dan tidak kompatibel denagn pc IBM.
2. UNIX
merupakan sistem operasi berbasis text yang dikembangkan oleh AT&T bell labs dan di design sebagai sistem operasi portable, multi tasking, dan multi user
3. WINDOWS (MICROSOFT WINDOWS)
Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.
4. LINUX
dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.
5. IBM OS/2
Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286 , termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung Memori Virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu.
6. FREEBSD
Adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.
7. SOLARIS
Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. OpenSolaris adalah OpenSource versi Sistem Operasi Sun Solaris, tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnya : Source untuk Installer, Desktop, Software.
8. Chrome OS
Adalah Sistem Operasi besutan Google yang ringan dan berbasis Linux dan standard web untuk personal computer PC. Google Chrome bekerja dengan metode Windowing atau switching (Multi-Tasking). Google Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis Sistem Operasi. Jika dilihat-lihat, Chrome OS ini merupakan gabungan dari Linux dan Windows Vista. Chrome OS dirilis pada pertengahan 2010.
9. SUSE
Adalah salah satu distro Linux utama yg dibuat di Jerman. SUSE Linux aslinya merupakan terjemahan dlm bhs Jerman dr Slackware. Perusahaannya sekarang ini dimiliki oleh Novel, Inc. S.u.S.E adl singkatan dr kalimat dlm bhs Jerman “Software- und System-Entwicklung” (“Perangkat lunak & pengembangan sistem”), tetapi ada informasi tdk resmi yg mengatakan bahwa S.u.S.E dihubungkan dgn ilmuwan komputer Jerman Konrad Zuse.
10. PC Linux OS
Adalah distro Linux yang lahir pada musim panas 2003 dan awalnya dikembangkan dari Mandrake (sekarang Mandriva) 9.2. Saat itu Mandrake masih menggunakan kernel versi 2.4, devfs, dan XFree86. Dalam dua tahun ini, telah berevolusi menjadi sebuah distro yang sama sekali baru sebagaimana Mandriva berkembang meninggalkan akar RedHatnya. PCLinuxOS Preview 9 yang terbaru telah menggunakan Kernel 2.6.11-oci11 yang bekerja sempurna dengan desktop KDE 3.4.1. KDE 3.4.1 sendiri memanfaatkan backend hal/dbus untuk memudahkan automounting perangkat seperti usb key, cdrom, kamera, dan scanner.

7. Gambar dan jelaskan topologi jaringan
1. Topologi Star

PENGERTIAN
Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

KELEBIHAN
tersebut dan station yang terpaut.
• Tingkat keamanan termasuk tinggi.
• Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran
Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
• Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
• Akses Kontrol terpusat.
• Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan.
• Paling fleksibel.

KEKURANGAN
• Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti.
• Boros dalam pemakaian kabel.
• HUB jadi elemen kritis karena kontrol terpusat.
• terlalu penting hub sehinga ketika terdapat masalah dengan hub maka jaringan tersebut akan down
• jaringan tergantung pada terminal pusat
• jika menggunakan switch dan lalu lintas data padat dapat menyebabkan jaringan lambat.
• biaya jaringan lebih mahal dari pada bus atau ring
• lebih gampang digunakan

2. Topologi Bus

PENGERTIAN
Topologi bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

KELEBIHAN
• Harganya lebih murah bila dibandingkan dengan cara star, karena harga kabel yang digunakan lebih murah dan pada jaringan dengan topologi ini tidak dibutuhkan konsetrator.
• Bila salah satu komputer mati, tidak akan mengganggu komputer yang lain.

KEKURANGAN
• Apabila terjadi kabel yang putus, semua komputer tidak dapat digunakan.
• Sering terjadi tabrakan file data yang dikirim.
• Untuk pengembangan ke arah yang lebih luas mengalami hambatan.

3. Topologi Ring

PENGERTIAN
Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.

KELEBIHAN
• Hemat kabel
• Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data

KEKURANGAN
• Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan.
• Pengembangan jaringan lebih kaku
• Sulit mendeteksi kerusakan
• Dapat terjadi collision[dua paket data tercampur]
• Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandels

4. Topologi Tree

PENGERTIAN
Topologi Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung atau backbone.

KELEBIHAN
• Dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan.

KEKURANGAN
• Apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif.
• Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.

5. Topologi Linier

PENGERTIAN
Jaringan komputer dengan topologi runtut (linear topology) biasa disebut dengan topologi bus beruntut, tata letak ini termasuk tata letak umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan (komputer) yang dihubungkan dengan penyambung yang disebut dengan Penyambung-T dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah penamat (terminator). Penyambung yang digunakan berjenis BNC (British Naval Connector: Penyambung Bahari Britania), sebenarnya BNC adalah nama penyambung bukan nama kabelnya, kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Sepaksi Thinnet). Pemasangan dari topologi bus beruntut ini sangat sederhana dan murah tetapi sebanyaknya hanya dapat terdiri dari 5-7 komputer.

KELEBIHAN
• hemat kabel,
• tata letak kabel sederhana,
• mudah dikembangkan,
• tidak butuh kendali pusat, dan
• penambahan maupun pengurangan penamat dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi yang berjalan.

KEKURANGAN
• deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil,
• kepadatan lalu lintas tinggi,
• keamanan data kurang terjamin,
• kecepatan akan menurun bila jumlah pemakai bertambah, dan
• diperlukan pengulang (repeater) untuk jarak jauh.

6. Topologi Mesh

PENGERTIAN
Topologi Mesh adalah suatu topologi yang memang didisain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute atau penjaluran yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak atau software.

KELEBIHAN
• Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
• Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan memengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
• Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
• Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

KEKURANGAN
• Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).
• Hal tersebut sekaligus juga mengindikasikan bahwa topologi jenis ini * Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.
• Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada.

7. Topologi Hybrid

PENGERTIAN
Kombinasi dari dua atau lebih topologi yang berbeda untuk membuat topologi hybrid. Ketika topologi dasar yang berbeda yang terhubung ke satu sama lain, mereka tidak menampilkan karakteristik dari setiap topologi satu tertentu. Ini adalah ketika itu menjadi topologi hibrida.

KELEBIHAN
• Fleksibilitas
• Menambah koneksi perangkat lainnya adalah muda\\\\\h, karena node baru dan / atau periferal dapat dihubungkan ke topologi dan kata topologi dapat dihubungkan dengan topologi hybrid dengan mudah.

KEKURANGAN
• Pengelolaan sulit
• Biaya mahal dibanding topologi lainnya
• Instalasi dan konfigurasi topologi sulit

8. Topologi Broadcast

PENGERTIAN
Secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan.

9. Topologi Hierarki

PENGERTIAN
Berbentuk seperti pohon bercabang yang terditi dari komputer induk (host) yang diswitchungkan dengan simpul atau node lain secara berjenjang, jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengetur kerja jenjang dibawahnya, biasanya topologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.

KELEBIHAN
• Data terpusat secara hirarki sehingga manajeman data lebih baik dan mudah
• Terkontrol; Mudah dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas;

KEKURANGAN
• Komputer di bawahnya tidak dapat dioprasikan apabila kabel pada komputer tingkat atasnya terputus;
• Dapat terjadi tabrakan file (collision)

10. Topologi Peer to Peer

PENGERTIAN
Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer).

KELEBIHAN
• Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer
• Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
• Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

KEKURANGAN
• Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.
• Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client- server, karena setiap komputer/peer isamping harus mengelola emakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
• Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur masing- masing fasilitas yang dimiliki
• Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing- masing komputer tersebut.

B. Paparkan dan jelaskan 7 layer OSI
1. Layer Physical
Ini adalah layer yang paling sederhana; berkaitan dengan electrical (dan optical) koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer Physical. Peralatan seperti repeater, hub dan network card adalah berada pada layer ini.
2. Layer Data-link
Layer ini sedikit lebih “cerdas” dibandingkan dengan layer physical, karena menyediakan transfer data yang lebih nyata. Sebagai penghubung antara media network dan layer protocol yang lebih high-level, layer data link bertanggung-jawab pada paket akhir dari data binari yang berasal dari level yang lebih tinggi ke paket diskrit sebelum ke layer physical. Akan mengirimkan frame (blok dari data) melalui suatu network. Ethernet (802.2 & 802.3), Tokenbus (802.4) dan Tokenring (802.5) adalah protocol pada layer Data-link.

3. Layer Network
Tugas utama dari layer network adalah menyediakan fungsi routing sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network lokal ke suatu tujuan yang berada pada suatu network lain. IP, Internet Protocol, umumnya digunakan untuk tugas ini. Protocol lainnya seperti IPX, Internet Packet eXchange. Perusahaan Novell telah memprogram protokol menjadi beberapa, seperti SPX (Sequence Packet Exchange) & NCP (Netware Core Protocol). Protokol ini telah dimasukkan ke sistem operasi Netware. Beberapa fungsi yang mungkin dilakukan oleh Layer Network
• Membagi aliran data biner ke paket diskrit dengan panjang tertentu
• Mendeteksi Error
• Memperbaiki error dengan mengirim ulang paket yang rusak
• Mengendalikan aliran.

4. Layer Transport
Layer transport data, menggunakan protocol seperti UDP, TCP dan/atau SPX (Sequence Packet eXchange, yang satu ini digunakan oleh NetWare, tetapi khusus untuk koneksi berorientasi IPX). Layer transport adalah pusat dari mode-OSI. Layer ini menyediakan transfer yang reliable dan transparan antara kedua titik akhir, layer ini juga menyediakan multiplexing, kendali aliran dan pemeriksaan error serta memperbaikinya.
5. Layer Session
Layer Session, sesuai dengan namanya, sering disalah artikan sebagai prosedur logon pada network dan berkaitan dengan keamanan. Layer ini menyediakan layanan ke dua layer diatasnya, Melakukan koordinasi komunikasi antara entiti layer yang diwakilinya. Beberapa protocol pada layer ini: NETBIOS: suatu session interface dan protocol, dikembangkan oleh IBM, yang menyediakan layanan ke layer presentation dan layer application. NETBEUI, (NETBIOS Extended User Interface), suatu pengembangan dari NETBIOS yang digunakan pada produk Microsoft networking, seperti Windows NT dan LAN Manager. ADSP (AppleTalk Data Stream Protocol). PAP (Printer Access Protocol), yang terdapat pada printer Postscript untuk akses pada jaringan AppleTalk.

6. Layer Presentation
Layer presentation dari model OSI melakukan hanya suatu fungsi tunggal: translasi dari berbagai tipe pada syntax sistem. Sebagai contoh, suatu koneksi antara PC dan mainframe membutuhkan konversi dari EBCDIC character-encoding format ke ASCII dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Kompresi data (dan enkripsi yang mungkin) ditangani oleh layer ini.

7. Layer Application
Layer ini adalah yang paling “cerdas”, gateway berada pada layer ini. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan diantara mereka. Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya. Layer Application adalah layer dimana user akan beroperasi padanya, protocol seperti FTP, telnet, SMTP, HTTP, POP3 berada pada layer Application.

7. Jelaskan istilah berikut
A. router

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI
Fungsi Router
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).Misalnya, jika Anda ingin membagi IP Adress Anda cukup menggunakan router, jadi, jika suatu perangakat jaringan memiliki IP Adress 192.168.0.1, dan ingin menghubungkannya den lain agar bisa berkomunikasi, maka anda harus memberikan IP Address dengan Network Identification 192.168.0 dan Host Identification 2-254, misalnya 192.168.0.11, 192.168.0.12 dan seterusnya
b. HUB

Hub adalah Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut. Saat ini hub sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. Alasan penggantian ini biasanya adalah karena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada switch. Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps

C. SWITCH

Switch adalah Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LANs..
D .Gateway

Adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama.
1. Point to point
point to point ialah satu komputer/ perangkat yang disambungkan ke satu perangkat/komputer sajaatau menggunakan satu router

2. Point to Multipoint
Point to Multipoint ialah satu komputer/perangkat yang dapat di sambungkan ke banyak perangkat/ komputer.

 REPEATER

Repeater berfungsi untuk memperpanjang rentang jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis. Dengan menggunakan repeater, LAN yang memakai ethernet dapat diperpanjang rentang jaringannya sampai 20 km dengan memasang repeater pada setiap 2,5 km.

 NOC ( network operation center )

Adalah tempat administrasi yang mengawasi, memantau dan mengamankan jaringan komunikasi.
 ACCES POINT

Adalah yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireles, koneksinyan dipancarkan melalui gelombang radio.

 MODEM ROUTER

Adalah modem yang berfungsi sebagai penyebar sinyal wifi, sama kaya modem biasa namun ada antenanya.